EUNIKEs


BE GRATEFUL, STAY POSITIVE!

PENGALAMAN AMERTA

Tak Terlupakan

            Mahasiswa. Tingkat tertinggi dalam pendidikan. Bersama-sama memiliki impian untuk memajukan Indonesia. Bersama-sama ingin mengadakan perubahan untuk Indonesia. Bersama-sama menyuarakan suara rakyat yang tidak terdengar oleh pemerintah.

Sebuah kebanggaan dapat diterima di Universitas Airlangga, terutama pada fakultas idaman yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Bukanlah hal yang mudah untuk mencapai impian tersebut, harus ada cita-cita, kemauan, dan yang terpenting adalah kerja keras diiringi oleh doa dari keluarga serta tuntunan Tuhan Yang Maha Esa. Semua itu terasa terbayarkan ketika melihat pengumuman SBMPTN 2017.

            Seperti sebuah mimpi ketika menginjakan kaki di Airlangga Convention Centre dengan ribuan mahasiswa baru lainnya untuk mengikuti acara pengukuhan. Meskipun sudah bisa disebut sebagai mahasiswa UNAIR, tetapi perjuangan tidak berhenti disitu saja. Setiap hari selalu bangun saat subuh untuk bersiap-siap berangkat mengikuti AMERTA 2017 dan pulang sore dengan badan yang seperti mau hancur rasanya, ditambah tugas yang harus dikumpulkan keesokan harinya. Lima hari menjalani seluruh aktivitas yang melelahkan tapi juga menyenangkan bersama mahasiswa baru lainnya.

            AMERTA 2017 meninggalkan banyak kenangan bagi kami, mahasiswa baru, yang pastinya tidak akan kami lupakan sebagai mahasiswa. Mendapatkan cerita baru, pengalaman baru, dan teman baru setiap harinya. Semua beban tugas dan kelelahan kami di malam hari terpulihkan ketika bertemu dengan mereka, teman-teman baru. Kesenangan tersendiri ketika kami mendapat kenalan teman baru, yang itu berarti memperluas koneksi pertemanan kami. Berbagai emosi tercampur aduk di AMERTA 2017, baik suka maupun duka ada di dalamnya.

            Merupakan hal yang lumayan sulit bagi kami, para introvert, untuk berbaur dengan yang lainnya saat hari pertama AMERTA 2017. Tetapi AMERTA 2017 menuntut dan mengajarkan kami untuk berani melakukan hal yang baru, keluar dari zona nyaman kami, dan ketika kami melakukannya ternyata hal tersebut tidak sesulit apa yang kami bayangkan justru menyenangkan saat kami mendapat teman baru dari berbagai fakultas yang ada di UNAIR.

            AMERTA 2017 mengajarkan kepada kami, mahasiswa baru, bagaimana prospek dan apa yang harus dilakukan sebagai mahasiswa. Tidak hanya itu, kami diajarkan untuk berani untuk mengemukakan pendapat yang ada di pikiran kami dan untuk tidak mementingkan kepentingan diri sendiri. AMERTA 2017 mengajarkan kami untuk mengubah dan meninggalkan kebisaan lama yang tidak baik. Mengerjakan segala sesuatunya tepat waktu, jujur, serta nasionalisme tercakup di dalam AMERTA 2017.  

             Belajar bertoleransi satu dengan yang lainnya juga diajarkan di AMERTA 2017 karena semua suku, budaya, ras, dan agama yang ada di UNAIR, seperti miniatur Indonesia. Menghargai semua orang merupakan kunci utama untuk kami dapat bersatu di AMERTA 2017, tidak ada kata “aku” tetapi yang ada hanyalah “kami”. Kami, mahasiswa baru, berangkat dari latar belakang yang berbeda-beda tetapi memiliki tujuan yang sama untuk menuntut ilmu dan menjadi mahasiswa yang baik.

            Mahasiswa yang berprestasi tetapi juga tetap memegang teguh moral budaya yang tercakup dalam nilai excellence with morality milik UNAIR yang diajarkan setiap harinya, tidak pernah sampai terlewatkan untuk menanam nilai tersebut kepada mahasiswa baru, untuk mengajarkan bahwa UNAIR akan bangga jika memiliki mahasiswa yang tidak hanya pintar tetapi juga bermoral.

            Semoga perjuangan kami sebagai mahasiswa yang bersama-sama ingin memajukan Indonesia tidak hanya berhenti sampai di hari terakhir AMERTA 2017, tetapi terus lanjut setiap harinya.

 

 

 

 

Eunike Mustika Nugroho

FISIP – Administrasi Negara

Garuda 7 Ksatria 19

 

www.unair.ac.id

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :